Biografi dan Profil

Ridwan, S.ST, M.T merupakan Dosen Tetap PNS di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia. Jenjang Pendidikan Sarjana (D-4) didapatkan di Institut Teknologi Bandung (ITB) Indonesia pada tahun 2011 dengan bidang keilmuan Teknologi Media Digital. Kemudian memperoleh gelar Master di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Indonesia pada tahun 2018, dengan jurusan Teknik Elektro Peminatan Teknologi Informasi. Bidang Riset yang diminati adalah bidang Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak, Database, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan bidang keilmuan Teknologi Informasi secara umum. Selain aktif sebagai Dosen Tetap, Ridwan juga terlibat dalam beberapa kegiatan luar kampus dalam bidang pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ridwan juga aktif sebagai Trainer/Narasumber pada berbagai kegiatan dalam program Transformasi dan Literasi Digital bagi masyarakat. Aktifitas lainnya adalah pengembangan keilmuan pada bidang TIK yaitu menjadi seorang Developer (pengembang) aplikasi pada platform Mobile dan Desktop dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer.

Lektor/Sekretaris Prodi

Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

  • Prodi: Pendidikan Teknologi InformasiPendidikan Teknik ElektroTeknik Informatika
  • Bidang Ilmu:

    [140401] Teknologi Informasi dan Komunikasi - Teknik Sistem Informasi -- Pengembangan Perangkat Lunak

    [140404] Teknologi Informasi dan Komunikasi - Teknik Sistem Informasi -- Perancangan Sistem Informasi

  • Email: ridwanmt@ar-raniry.ac.id
  • Pangkat/Gol.Ruang: Penata (III/c)
  • Pendidikan Terakhir: S2 - Universitas Syiah Kuala

Riwayat Terakhir

Kepangkatan

III/c (Penata)

TMT : 2023-04-01

No. SK : 420/Un.08/B.I/Kp.07.1/03/2023

Pendidikan

S2 (M.T) - 2018

Universitas Syiah Kuala

Bidang Studi : Teknik Elektro

Jabatan Fungsional

Lektor

TMT : 2022-12-01

No. SK : 1530/Un.08/B.I/KP.07.6/12/2022

Portofolio

  • Semua
  • Publikasi
  • Penelitian
  • HKI
No Judul Publikasi
An Analysis Of Teamviewer And Ultravnc Performance On Wifi Networks
Buku: Konsep Dan Perancangan Aplikasi: Membangun Aplikasi Mobile Menggunakan Flutter
Development Of Sensor-Based Prototype Robot For Automated Food Delivery
Digital Skill, Pelatihan Pengenalan Teknologi Internet Of Things (Iot) Bagi Siswa Di Kota Banda Aceh
Pengukuran Efektifitas Pembelajaran Secara Daring Menggunakan Blackboard Coursesites (Studi Kasus: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
Prestasi Belajar Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Multimedia Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas 6 Sd Negeri 3 Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan
Rancangan Dan Implementasi Web Service Untuk Integrasi Aplikasi Haba Gampong Menggunakan Metode Rest Api
Pengaruh Faktor Environmental, Mobility Dan Politic Terhadap Kesuksesan Banda Aceh Smart City
Design And Implementation Of Web Services For The Integration Of Information Systems For The Distribution Of Covid-19 Cases
Perancangan Controlling System Keamanan Berbasis Arduino Menggunakan Kamera Internet Protocol
Perancangan Controlling System Keamanan Berbasis Arduino Menggunakan Kamera Internet Protocol
Rancang Bangun Aplikasi Penataan Dokumen File Borang Akreditasi Program Studi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh
Rancang Bangun Aplikasi Penataan Dokumen File Borang Akreditasi Program Studi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh
Analisis Penerapan Teknik Search Engine Optimization On-Page Dan Off-Page Pada Website
No Judul Penelitian
Perancangan Sistem Aplikasi Web Dan Mobile Pada Monitoring Dan Evaluasi Program Tahfidz Quran Di Madrasah Ulumul Qur’An (Muq) Kabupaten Pidie
No Judul HKI
Pelatihan Teknologi Internet Of Things (Iot) Bagi Siswa Madrasah Kota Banda Aceh Sebagai Dukungan Penerapan Smart City
Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Moderasi Beragama Pada Ptkin Di Aceh
PTIPD UIN Ar-Raniry - ©2023